About

header ads

Humbuk yang banyak manfaat

Negara Batin, 10/12/2016. -Rotan merupakan tanaman yang banyak ditemukan di sepanjang sungai (batang Are) Tiyuh Negara Batin, Kec. Negara Batin, Kabupaten Way Kanan. rotan juga banyak  manfaatnya  selain batang tua digunakan untuk bahan pembuatan kursi,Penangkapan Ikan (Bubu), batang mudanya juga di gunakan untuk lalapan (Humbuk), dan buah rotanya di jadikan makan (Pisai)
Tak banyak yang mengenal Humbuk (Umbut ) lalapan  khas Way Kanan yang terdapat dari  batang rotan muda.  Humbuk (Umbut ) merupakan lalapan yang banyak manfaat untuk kesehatan selain untuk rematik Humbuk (Umbut ) juga bisa menjaga ketahanan tubuh manusia.

Humbuk (Umbut ) Muda


Kebiasaan untuk menyantap lalapan Humbuk (Umbut ) biasanya hampir setian hari dilakukan warga Negara Batin ketika hendak makanan BEJERUK ( NYERUIT ) bersama keluarga, teman dan kerabat yang lain. 
"Amun cawa masyarakat Tiyuh Negara Batin, Mengan makdok  Humbuk (Umbut ) mak Apdol."  hehehe
Biasanya masyarakat Tiyuh Negara Batin Mengunakan Lalapan dengan cara di rebus (Tipajak), dibakar (Tipukpul) dan juga ada yang dimakan mentah-mentah.




Humbuk (Umbut ) yang di rebus

Pelestarian Makanan Khas Way kanan Tersebut seyogyanya  terus dilakukan dengan membudayakan pohon rotan selain kaya akan manfaat dan protein, dengan dibudayakannnya makan makanan yang khas dari rotan  kelestarian makanan khas nenek moyang Way Kanan ini terus terjaga







Posting Komentar

0 Komentar